Jumat, 13 September 2013

MENGENAL MS.EXCEL




Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

1.1 Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
1.     Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2.    Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
3.    Muncul Gambar 1.1

1.2  Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus  


mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel


1) Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.

2) Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat  dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.


 3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.

4) Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.

5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.

6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.

7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal

FUNGSI STATISTIK MS. EXCEL

 Fungsi Statistik Microsoft Excel merupakan kategori fungsi yang sering digunakan dalam penggunaan fungsi dalam Microsoft Excel, dimana dalam aplikasinya dapat dijabarkan fungsi-fungsi Statistik antara lain :

 1.  Fungsi  SUM

Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan data numerik.
bentuk: SUM(number1,number2,number3,...)
  number1,number2,number3,... yaitu nilai-nilai data yang akan dicari nilai totalnya.
Rumus : =SUM(Range Data)
Contoh : =SUM(A2:A6)
Hasil : 59

2.  Fungsi AVERAGE (Rata-Rata)

Digunakan untuk menghitung nilai rata rata dari sederet argumen atau data range.
bentuk: AVERAGE(number1,number2,number3,...)
number1,number2,number3,... yaitu data numerik yang akan dicari nilai rata-ratanya.
            Argumen ini dibatasi hingga 255 argumen
Rumus : =AVERAGE(Range Data)
Contoh : =AVERAGE(A2:A6)
Hasil : 11,13

3.  Fungsi MAX (Maksimum)

Digunakan untuk menentukan nilai data yang tertinggi (terbesar) dibandingkan nilai data yang lain didalam suatu range .
Bentuk: MAX(number1,number2,...)
number1,number2,... adalah argumen yang berisi data numerik, alamat sel, atau range data
Rumus : =MAX(Range Data)
Contoh : =MAX(A2:A6)
Hasil : 17

4.  Fungsi  MIN (Minimum)

Digunakan untuk menentukan nilai data yang terendah (terkecil) dibandingkan nilai data yang lain didalam suatu range.
Bentuk: MIN(number1,number2,...)
number1,number2,... adalah argumen yang berisi data numerik, alamat sel, atau range data
Rumus : =MIN(Range Data)
Contoh : =MIN(A2:A6)
Hasil : 9

5.  Fungsi  COUNT

Fungsi ini digunakan Untuk menghitung jumlah banyaknya data ( numeric/angka) yang ada didalam sebuah range.
Bentuk: COUNT(number1,number2,...)
number1,number2,... adalah data yang berisi beberapa variasi tipe data, tetapi hanya tipe numerik yang dihitung.
Rumus :=COUNT (Range Data)
Contoh : =COUNT (A2:A6)
Hasil dari rumus pada gambar di bawah adalah 3, itu artinya banyaknya data numerik yang ada berjumlah 3.


6.  Fungsi COUNTA

 Digunakan untuk menghitung jumlah cel-cel yang berisi data angka/numerik dan huruf (character) atau data yang tidak kosong tanpa memperhatikan tipe datanya.
Rumus : =COUNTA(Range Data)

7.  Fungsi COUNTIF

Countif, digunakan untuk menghitung jumlah sel-sel yang berisi data angka (numeric) dan huruf (Character) berdasarkan kriteria yang diinginkan.
Rumus : =COUNTIF (range,kriteria)

8.  Fungsi COUNTBLANK

Countblank, digunakan untuk menghitung jumlah sel-sel, dimana sel-sel tesebut tidak bernilai (null).
Rumus : =COUNTBLANK(range)

9.  Fungsi Standar Deviasi (STDEV)

Digunakan untuk menghitung nilai Deviasi Standar pada sebuah sampel.
 Number1,Number2 adalah argumen yang berisi sampel populasi. Anda dapat menggunakan array tunggal atau range suatu array dengan menggunakan tanda pemisah koma.
Deviasi standar dapat dikalkulasi dengan menggunakan metode "nonbiased" atau "n-1"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar